Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 Pasal 35 tentang pemilihan lokasi tempat pembuangan akhir di Kota Padangsidimpuan

Asyfah, Dinda (2023) Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 Pasal 35 tentang pemilihan lokasi tempat pembuangan akhir di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1910300016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Peningkatan jumlah volume sampah menimbulkan masalah bagi kesehatan dan lingkungan. Pengelolaan sampah juga belum secara optimal dan baik. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah tempat pembuangan akhir sampah. Namun realitanya, tempat pembuangan akhir tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 Pasal 35 Tentang Pemilihan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir yang dimulai dari Pengumpulan, pengangkutan, dan penempatan tempat pembuangan akhir. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus permasalahan adalah Bagaimana Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 Pasal 35 Tentang Pemilihan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir Di Kota Padangsidimpuan, Bagaimana Pandangan Perspektif Siyasah Dusturiyah Terhadap Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 Pasal 35 Tentang Pemilihan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir Di Kota Padangsidimpuan dan Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 Pasal 35 Tentang Pemilihan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir Di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk studi penelitian lapangan (Field Research) yaitu dengan cara wawancara atau berdialog langsung dengan objek penelitian, dan data yang dikumpulkan berdasarkan penelitian hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup adalah pertama, Pemilahan sampah yang dilakukan secara manual oleh pemulung-pemulung. Kedua, Pengolahan sampah yang masih menggunakan sistem Open Dumping yaitu hanya membuang sampah tanpa ada pengolahan apapun. Ketiga, Pengawasan tempat pembuangan akhir yaitu membuat posko jaga dan orang yang bertanggungjawab untuk mengontrol tumpukan sampah di tempat pembuangan akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dermina Dalimunthe, M.H dan Puji Kurniawan M.A.Hk
Keywords: Peraturan Menteri Pekerjaan Umum; Tempat pembuangan akhir; Siyasah dusturiyah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180111 Environmental and Natural Resources Law
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1205 Urban and Regional Planning
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:10
Last Modified: 22 Dec 2023 04:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10018

Actions (login required)

View Item View Item