Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan manajemen pada Masjid Syech Zainal Abidin Harahap di Desa Pudun Julu Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan

Soritua, Rahmat (2023) Penerapan manajemen pada Masjid Syech Zainal Abidin Harahap di Desa Pudun Julu Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1830400008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masjid merupakan salah satu unsur penting dalam struktur masyarakat Islam. Manajemen pengelolaan masjid yang baik mengedepankan perencanaan yang baik yang diikuti dengan pengorganisasian yang tepat serta pelaksanaan yang terarah, pengendalian dan evaluasi untuk mewujudnya kemakmuran masjid. Oleh sebab itu peneliti ingin melihat manajemen kegiatan keagamaan di Masjid Syech Zainal Abidin Harahap. Rumusan masalah, apa saja kegiatan keagamaan di Masjid Seych Zainal Abidin Haraha? Bagaimana penerapan manajemen Masjid Syech Zainal Abidin Harahap? Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan manajemen Masjid Syech Zainal Abidin Harahap? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu ketua badan kemakmuran masjid, ketua bidang idarah (manajemen), ketua bidang imarah (memakmurkan), ketua bidang ri’ayah (pemeliharaan dan fasilitas). Dan sumber data sekunder yaitu jamaah masjid sebanyak 5 orang, kepala Desa Pudun Julu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan 3 tahap yaitu : pengorganisasian data, editing, dan coding Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masjid Syech Zainal Abidin di Kota Padangsidimpuan, Sumatra Utara, diperkirakan didirikan pada tahun 1880, jauh sebeluh Indonesia merdeka. Masjid Syech Zainal Abidin merupakan masjid tertua di Kota Padangsidimpuan, Masjid Syech Zainal Abidin memiliki banyak sejarah dan makna. Masjid tersebut dibangun dengan konsep tauhid. Keunikan Masjid tersebut bahan dasar pembangunan masjid hanya dari tanah liat, telur ayam, batu, dan tanah kapur. Dahulu memang belum ada bahan bagunan seperti saat ini seperti semen belum ada. Kegiatan keagamaan di Masjid Syech Zainal Abidin Harahap terdiri dari sholat lima waktu, sholat jum’at yang imamnya Ustaz Pinisan Daulay S,Pd., Taufik Hidayat S.Pd, Guntur Harahap S.H.I. selama tahun 2023 ini. Sholat tarawih, sholat idhul fitri, sholat idhul adha, pemberian zakat fitrah kepada fakir, miskin, mualaf, amil zakat, hamba sahaya, fi sabilillah, ibnu sabil, orang yang memiliki hutang, safari ramadhan, sholat gerhana, dan pengajian Bapak- Bapak, Ibu-Ibu setiap hari Minggu pukul 09.00 sampai 12.00 dengan Ustaz Nahri Nasution S,Pd., Taufik Hidayat S.Pd, dengan honor Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah) setiap sekali pengajian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Ricka Handayani, M.M
Keywords: Penerapan; Manajemen masjid; Kegiatan keagamaan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:56
Last Modified: 22 Dec 2023 03:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10017

Actions (login required)

View Item View Item