Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika untuk siswa Kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal

Batubara, Aidar Rahmi (2023) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika untuk siswa Kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya siswa yang tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru pada saat guru menjelaskan materi sehingga guru berusaha mengatasi kesulitan belajar siswa dengan membuat proses belajar mengajar lebih menarik dan menyenangkan. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi peneliti bagaimana kesulitan belajar matematika siswa di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Panyabungan Utara dan bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Panyabungan Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi diartikan sebagai a plan, method or series of activities disigned to achieves a particular educational goal. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas X IPA 1 dan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Panyabungan Utara. Adapun jenis penelitian dan metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika yaitu kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan memahami sifat-sifat logaritma, kesulitan dalam keterampilan berhitung, kesulitan dalam menyelesaikan soal dan penggunaan proses yang keliru. Strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa diantaranya yaitu: menjelaskan ulang materi, memberikan tugas setiap hari, membuat ringkasan kepada siswa, memberikan motivasi, penggunaan model pembelajaran tutor sebaya, memberikan latihan soal mandiri, memberikan jam tambahan dan pendekatan terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Almira Amir, S.T., M.Si
Keywords: Strategi guru; Kesulitan belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:45
Last Modified: 22 Dec 2023 03:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10016

Actions (login required)

View Item View Item