Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi terapi zikir oleh ibu-ibu majelis taklim dalam mengatasi kebiasaan ghibah di Desa Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak

Meilani, Nadia (2023) Implementasi terapi zikir oleh ibu-ibu majelis taklim dalam mengatasi kebiasaan ghibah di Desa Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1730200075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yaitu Para ibu sering kali suka menggosip tentang kelemahan orang lain tanpa peduli perasaan orang yang menjadi sasaran pembicaraan tersebut. Sehingga hal ini menjadi kebiasaan buruk bagi masyarakat terutama kaum ibu-ibu sehingga diperlukan metode yang ampuh dalam mengatasi kebiasaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah implementasi penerapan terapi zikir majelis taklim untuk mengubah kebiasaan seorang ibu yang suka ghibah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu terapi dan bimbingan konseling, dimana peneliti dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi fenomena di Gunung Tua dalam mengatasi kebiasaan ghibah terutama ditengah masyarakat. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan implementasi zikir dan metode konseling. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini diambil sebanyak 10 Informan dari 30 anggota terapi dzikir. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung terhadap ibu-ibu yang mengikuti majelis taklim. Analisis data menggunakan editing, verifikasi, analisis dan pembuatan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terapi zikir majelis taklim dilakukan dengan langkah-langkah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, penerapan terapi dzikir, dan evaluasi. Terapi ini bertujuan untuk membantu ibu-ibu mengatasi masalah ghibah dan mencapai perubahan positif. Hasil pelaksanaan terapi menunjukkan adanya perubahan pada ibu-ibu, meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan kebiasaan ghibah. Ibu-ibu mengalami perubahan dalam pikiran, tidak memiliki pikiran negatif, tidak mengomentari penampilan orang, dan berkurangnya keinginan untuk berkunjung ke tetangga. Hasil observasi menunjukkan jika ibu-ibu mengalami ketidakminatan terlibat dalam gosip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Dr. Anas Habibi Ritonga. M.A
Keywords: Terapi; Zikir; Ghibah
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:23
Last Modified: 22 Dec 2023 03:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item