Meilannur, Ratna (2023) Strategi pengembangan usaha mini market Abi Mart di Kelurahan Pasar Sempurna Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1640200240.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya usaha mini market Abi Mart yang ada di Kelurahan Pasar Sempurna keberadaannya menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sejak didirikannya mini market Abi Mart terus mengalami peningkatan dan perkembangan yang makin maju, dengan jumlah konsumen yang semakin banyak menjadi pelanggan Abi Mart setia. Fasilitas yang disediakan semakin lengkap sehingga semakin membuat konsumen lebih nyaman saat berbelanja di Abi Mart. Tentunya dalam mengelola usahanya mini market Abi Mart memiliki strategi pengembangan yang cukup baik dalam menjaga eksistensi usahanya sampai sekarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi mini market Abi Mart dalam mengembangkan usahanya? Dengan tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi mini market Abi Mart dalam mengembangkan usahanya. Pembahasan dalam penelitian ini tentunya berkaitan dengan strategi pemilik usaha dalam mengembangkan usahanya, maka peneliti menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan penelitian yaitu strategi, pengembangan usaha, strategi pengembangan usaha dalam Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengambil informan penelitian hanya pemilik usaha mini market Abi Mart saja. Pengumpulan data penelitian menggunakan pengamatan, dokumentasi dan juga wawancara langsung dengan informan. Teknik analisis data yang digunakan analisis deksriptif kualitatif hasil wawancara peneliti dinarasikan kemudian dilakukan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh pemilik usaha Abi Mart dalam mengembangkan usahanya melalui marketingmix 4P yang meliputi : produk (product), harga (price), distribusi/pendistribusian (place), dan promosi (promotion). Pemilik usaha terus tetap menjaga stok produknya agar selalu tersedia untuk mendapatkan produk tersebut melalui agen atau grosir. Masalah harga tetap menjadi prioritas agar harga Abi Mart dengan tempat lain bisa lebih bersaing atau minimal sama dengan tempat lain. Tempat yang strategis dari pinggir jalan dan pasar rakyat membuat Abi Mart lebih dikenal oleh masyarakat sekitar khususnya. Serta promosi yang dilakukan melalui media sosial, antar jemput barang ke pelanggan dan memasang spanduk promo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A dan Adanan Murroha Nasution, M.A |
Keywords: | Strategi; Usaha; Abi Mart |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 03:05 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 03:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10011 |
Actions (login required)
View Item |