Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi makanan sehat melalui model cooperative learning tipe group investigation di Kelas IV SD N 101090 Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Febriani (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi makanan sehat melalui model cooperative learning tipe group investigation di Kelas IV SD N 101090 Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk mengenai materi Makanan Sehat pada pembelajaran IPA. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa didalam kelas pada pembelajaran IPA yang masih monoton dan masih terpokus ke pada guru. Minimnya ketertarikan peserta didik dalam proses pembelalajaran karena kurang bervariasi menggunakan metode pembelajaran, ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa merasa bosan, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Peneliti mencari model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group investigation. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 101090 Gunung Tua Kabupaten Padang lawas Utara, melalui Penerapan model Cooperative Learning Tipe Group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kaloborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101090 Gunung tua Kabupaten Padang lawas Utara, dengan subjek penelitian kelas IV yang berjumlah 24 siswa. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal. Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Group Investigation mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 69,58 dengan persentase ketuntasan 33,33% pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata 73,83 Dengan persentase ketuntasan 58,33%, hasil belajar pada siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata 77,5 dengan persentase ketuntasan 75% hasil belajar pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata 82,91 dengan persentase ketuntasan 91, 67 %. Menunjukka hasil belajar siswa sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, S.Ag., M.Pd dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I
Keywords: Model cooperative learning tipe group investigation; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:28
Last Modified: 22 Dec 2023 01:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item