Simanjuntak, Fitrah Salimah (2019) Penerapan model jigsaw learning dalam meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak dengan materi riya dan dengki di kelas X-1 MAN Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00218.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dilakukan peneliti, bahwa yang terjadi di MAN Sibolga masih jauh dari yang diharapkan. Masih banyak pembelajaran yang hanya berpusat kepada guru saja, sementara siswa hanya menerima pembelajaran tanpa mencaritau apakah materi yang di sampaikan guru benar atau tidak. Proses pembelajaran yang kurang dapat dilihat dari kkm yaitu 80 dengan indikator keberhasilan 75% dari 34 masih 19 orang yang mendapat nilai mencapai 80 sementara yang belum tuntas sejumlah 15 orang. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa penulis melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Jigsaw Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Dengan Materi Riya dan Dengki di Kelas X-1 MAN Sibolga”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan model jigsaw learnig dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak di kelas X-1 MAN Sibolga?. Apakah pelaksanaan model Jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak dengan materi riya dan dengki di kelas X-1 MAN Sibolga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model jigsaw learning dalam meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak dengan materi riya dan dengki di kelas X-1 MAN Sibolga. Jenis penelitian ini adalah penetilian tindakan kelas. Penelitian ini ada dua siklus dan setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan reflesi, dan seterusnya sampai tercapainya yang diharapkan. Subjek penelitian ini adalah kelasX-1 MAN Sibolga. Instrument penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak di kelas X-1 MAN Sibolga. Hal ini dapat dilihat dari upaya yang dilakukan oleh guru di setiap siklusnya. Pada setiap pertemuan diadakan pertukaran anggota kelompok dengan memperhatikan kemampuan berfikir setiap siswa, memberikan motivasi dan mengarahkan kepada siswa yang kurang aktif agar sama-sama berperan penting pada kelompoknya agar pengelompokan semakin aktif, memberikan apresiasi kepada kelompok yang lebih aktif agar kelompok yang lain lebih bersemangat di pertemuan berikutnya. Hal ini dapat dilihat dari Siklus I nilai rata-rata 79,70 menjadi 82,02. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas X-1 MAN Sibolga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Jigsaw learning; Aqidah akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 03:37 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 02:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1000 |
Actions (login required)
View Item |